Minggu, 04 November 2012

Proses installasi linux blankon pattimura

Pertama yang harus dilakukan yaitu membagi partisi, tentunya hal ini saya lakukan karena saya menggunakan dual booting!
step membagi partisi ini saya lakukan di boot pertama saya, semula saya hanya menggunakan 1 booting yakni windows7.
Ada yang perlu menjadi perhatian ketika membagi partisi, kalau partisi nya merupakan partisi dari windows hal yang harus dilakukan pertama yaitu men defragmating melalui "Disk Defragmenter" yang ada di ms.windows.
sama seperti yang saya lakukan pada laptop saya ini..
hehe
tanya kenapa??
ya, hal ini dilakukan untuk menghindari partisi yg rusak ketika melakukan pemotongan atau pembagian partisi.

Nah kalau sudah selesai membagi partisi, kita mulai proses installasi nya.
pastiin kalau sudah punya cd nya, kalau belum bisa download lalu burn ke cd, gampang kan??
1. masukkan cd nya, wait and seketika akan muncul tampilan di desktop laptop atau komputer kamu.
pilih yang tengah "install BlankOn", tapi kalau mau liat dulu tampilan atau desktop atau demo dari linux blankon pattimura ini bisa pilih "BlankOn Live".
2. Selanjutnya ke pilihan bahasa yang akan digunakan. disini sih saya menggunakan bahasa ind, kemudian klik maju.
3. Step ini hanya menjelaskan untuk pemasangan blankon ini, harus dipastikan bahawa laptop nya harus punya 4,2 GB ruang kosong pd harddisk, terhubung dgn sumber listrik (sambil di charge), dan terhubung ke internet.
lalu klik "unduh pemutakhiran saat installasi" dan "pasang perangkat lunak ini" and, klik maju.
4. Step ini adalah step untuk mengalokasikanruang partisi, hati2 ya.jangan sampai salah klik. lalu klik maju.
5. Masuk ke pembagian partisi, silahkan atur. biasanya diatur dnegan menyesuaikan kapasitas harddisk yang ada pada laptop.
jangan lupa pilih titik kait /
dan klik ok
titik kait ini merupakansystem dan saya memilih ext4 sebagai sistem berkas nya. Ini merupakan partisi utama loh ya.
jangan lupa juga pilih partisi kosong, atau swap. ini merupakan partisi logika.
klik ok
6. Pilih lokasi dimana kamu berada, pasti sudah gak aneh sama step yang satu ini.
7. Pilih susunan keyboard yang digunakan di laptop kamu, karena keyboard  yang umum digunakan di Indonesia adalah jenis Amrik, pilih yang USA. lalu klik maju
8. Isi data diri nya, untuk login sebagai user dan paswd untuk security nya. klik maju.
9. Klik restart sekarang, dan pemasangan linux blankon nya telah berhasil,
10. Setelah di restart, ada pilihan 2 OS. lalu pilih blankon linux. dan tampilan blankon sudah ada di laptop !
:)
senangnya blankon linux sudah terinstall di laptop saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar